Pengkodean Biphase, B8ZS dan HDB3

N4D1N - Kali ini saya berbagi lagi soal pengkodean lagi yaitu pengkodean digital. Pengkode digital yang saya bahas kali ini pengkodean Biphase dan B8ZS dan HDB3.
1.    Biphase
Biphase merupakan format pengkodean yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan kode NRZ. Dikenal dua teknik pengkodean biphase yaitu Manchester dan D-manchester. Pada pengkodean Machester, ditandai dengan terjadinya suatu transisi pada setengah periode bit: transisi rendah ke tinggi mewakili ‘1’ dan tinggi ke rendah mewakili bit ‘0’. Sedangkandifferential machester adalh suatu kode dimana bit ‘0’ diwakili oleh adanya trasisi diawal periode bit ‘1’ diwakili oleh tidak adanya transisi di awal periode suatu bit. Gambar dibawah menampilkan perbedaan kedua tipe pengkodean tersebut.


Gambar Perbedaan Manchester dan D-Manchester

2.    B8ZS dan HDB3
Kedua kode ini didasarkan padapengkodean AMI (Alternative Mark Inversion) dan cocok untuk transmisi dengan kecepatan data tinggi. Ada dua teknik yang umum digunakan dalam layanan transmisi jarak jauh dan keduanya dililustrasikan pada Gambar 8. Pengkodean B8ZS dikenal sebagai pengkodean bipolar dengan 8  nol tertukar sedangkan skema pengkodean di dasarkan pada bipolar AMI. Kelemahan pengkodean ini adalah panjang string (deretan) nol dapat menyebabkan hilangnya sinkronisasi saat transmisi.
Kedua pengkodean ini di bangun untuk menghilangkan deretan bit’0’ yang mungkin muncul dalam suat pengiriman data. B8ZS (Bipolar 8 zero substitution) digunakan untuk menggatikan deretan bit ‘0’ lebih dari 8 buah.Aturan pengkodean B8ZS diperlihatkan pada Gambar 2.5, kedelapan bit nol digantikan dengan bit-bit tertentu yang polaritasnya tergantung dari polaritas bit sebelumnya. Bit- bit penganti bit nol tersebut di sebut sebagai bit violasi(violation code).
HDB3 (High Density Bipolar 3 Zero) memiliki prinsip yang sama dengan B8ZS, hanya pada HDB3 digunakan untuk menggantikan bit ‘0’ sebanyak 4 buah. Gambar 2.6 menampilkan aturan penggantian bila ditemukan deretan bit ‘0’ lebih dari 4 buah. Contoh hasil pengkodean mengggunakan B8ZS dan HDB3 ditampilkan pada gambar dibawah.
 Gambar Contoh pengkodeanuntuk B8ZS dan HDB3
KESULITAN mengkodekan?? Saya punya tool buat konversi data digital itu. Untuk download toolnya silahkan klik link dibawah ini.

2 comments:

  1. Satu almamater dan prodi gan. Membantu bgt gan. Tapi linknya mati

    ReplyDelete